Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Islam artinya berserah diri kepada Allah. Kaffah berarti menyeluruh. Islam kaffah berarti berserah diri kepada Allah secara menyeluruh baik raga maupun jiwa kita, baik lahiriah maupun bathin kita, jika seseorang sudah berserah diri kepada Sang Pencipta  alam ini berarti ia sudah Islam. Jadi Islam kaffah adalah Islam secara lahir dan bathin, baik jiwa maupun raganya sudah Islam, dan Islam sendiri adalah penyerahan seluruh jiwa dan raga kita hanya kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta sesuai dengan arti kata Islam itu sendiri yaitu berserah diri kepada Tuhan. Dan ini diungkapkan dalam petikan doa iftitah: Inna sholati, wanuzuki, wamahyaya, wamamati lillahi robil alamin. Yang artinya: Sesungguhnya sholat/doaku, seluruh ibadahku, seluruh hidupku, dan matiku hanya untuk Mu yaa Tuhan Pencipta Alam Semesta. Itulah ISLAM, dan kalau  seseorang sudah meresapi dan menjiwai petikan doa iftitah tersebut secara lahir dan bathin dalam kehidupannya sehari – hari, berarti ia sudah Islam secara kaffah.

TAUHID  adalah ajaran yang meng-esa-kan Tuhan, ajaran yang menjelaskan bahwa seluruh semesta alam ini di ciptakan oleh Nya, dan hanya kepada Nya lah kita wajib menyembah, dalam ajaran tauhid ini juga sering di jelaskan tentang sifat – sifat ketuhanan, sifat – sifat inilah yang akhirnya sering dipergunakan oleh umat manusia untuk menyebut keekstensianNya. Hampir semua agama yang pernah ada di bumi ini mengajarkan ajaran tauhid, dengan istilah yang berbeda – beda ataupun dengan tanpa istilah apapun.

Hampir semua kebudayaan mengenal adanya keekstensian Ia yang tak terjelaskan di balik keberadaan alam semesta ini, itu sebabnya berkembang berbagai konsep untuk menjelaskan tentangnya, dari situ berkembang pula berbagai doktrin yang hingga saat ini berkembang luas. Namun penjelasan apapun dan konsep apapun tentangnya, Ia tetap tidak terjelaskan, sebab jika masih dapat dijelaskan, dipikirkan, ataupun masih dapat dibayangkan, berarti itu hanya pikiran kita semata,  sebagaimana Al Quran menyebutkan bahwa tidak ada satu makhlukpun yang sanggup memikirkanNya, sebagaimana Bhavagad Gita mengatakan bahwa semua malaikat dan dewa serta semua orang suci tidak ada yang mengetahui tentang Nya. Yang mudah dimengeri adalah bahwa seluruh langit dan bumi, seluruh alam semesta ini adalah kerajaan Nya.

https://vm2xy4.wordpress.com

Iklan